Tips Memilih Rumah Kontrakan Surabaya

By | August 2, 2017

Rumah merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang. Di samping kegunaannya menjadi tempat berlindung paling aman, hunian juga menduduki posisi yang penting sebagai sarana penunjang sekaligus hiburan.

Terutama saat seseorang dihadapkan dengan segudang pekerjaan, rutinitas yang begitu padat, belum lagi problema pelik yang acapkali membingungkan. Nah, disitulah rumah memberi ketenangan.

Tips Memilih Rumah Kontrakan Surabaya

Suasana hangat yang tercipta di dalamnya seolah menjadi obat paling mujarab untuk mengobati rasa lelah. Tawa serta canda bersama orang-orang tercinta kembali membangkitkan gairah Anda untuk bekerja lebih giat dan bersemangat dalam menjalani aktivitas. Tak cukup sampai di situ saja, rumah juga menjadi awal dari pencapaian di luar sana yang sudah sejak jauh-jauh hari Anda rancang.

Berbicara tentang rumah yang begitu kompleks, mulai dari lahan, harga, hingga desain yang memerlukan perhitungan matang terkadang membuat seseorang belum mencapai tahap yang sempurna untuk membangunnya. Oleh karena itu, mereka lebih memilih tinggal di rumah kontrakan untuk sementara waktu.

Di kota-kota besar Indonesia, sebut saja rumah kontrakan Surabaya, Anda bisa menemukan bermacam-macam rumah sewa yang mengusung konsep dari yang sederhana hingga yang istimewa. Semua gaya yang ditawarkan tentu akan berpengaruh terhadap tarif yang dipasang. Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda melakukan survei terlebih dahulu.

Nah, bagi Anda yang berencana menyewa tempat tinggal yang nyaman, rumah kontrakan Surabaya mungkin bisa Anda andalkan. Di samping harganya yang ramah, Anda pun bisa memperoleh hunian yang bagus. Selengkapnya, berikut beberapa tips dalam memilih tempat tinggal yang bisa Anda aplikasikan.

1. Lokasi

Inilah indikator yang paling penting dan harus Anda perhatikan sebelum memantapkan hati untuk mengontrak. Pilihlah lokasi yang berdekatan dengan tempat Anda bekerja. Mengapa? Sebab dengan begitu, Anda artinya bisa menghemat pengeluaran terutama transportasi. Dimana uangnya bisa Anda alokasikan untuk kebutuhan lain.

Terutama jika Anda tidak punya kendaraan pribadi, angkutan umum yang tidak on time atau mampu menjangkau daerah yang jauh mungkin bisa membuat Anda berpikir ulang mengapa area yang dekat dengan kantor Anda lebih tepat.

Dalam memilih rumah kontrakan Surabaya, kawasan yang strategis juga akan menguntungkan Anda. Di samping lebih mudah mendapati fasilitas umum, tempat yang ramai akan menghindarkan Anda dari kriminalitas dan tidak kejahatan serupa.

2. Harga

Sesuaikan dengan budget Anda. Pada dasarnya Anda tidak perlu rumah kontrakan yang mewah. Ingatlah bahwa menyewa rumah sifatnya hanya sementara. Jadi, di sisi lain Anda pun harus bisa menabung.

Tujuannya tentu saja agar Anda bisa memiliki rumah yang sudah hak milik pribadi. Semakin dekat rumah lokasi rumah dengan pusat kota, sudah pasti harga sewanya mahal.

Khususnya jika rumah tersebut baru direnovasi dan mempunyai fasilitas yang mumpuni. Untuk mengakalinya, Anda bisa mencari rumah yang berlokasi di pinggiran kota namun punya akses yang baik ke tempat dimana Anda biasa beraktifitas.

3. Kondisi bangunan

Kunjungi rumah kontrakan Surabaya yang rencananya akan Anda tempati. Amati dengan jeli apakah keadaan serta struktur bangunannya masih layak huni atau tidak. Sejumlah ciri-ciri rumah yang layak dapat ditilik dari cat dinding yang tidak mengelupas, tembok yang tidak lembab, atap kokoh serta tidak bocor, dan terbebas dari hama seperti rayap serta tikus.

Secara tidak langsung, jika persyaratan tersebut telah dipenuhi, Anda bisa dengan leluasa menempati rumah kontrakan tanpa harus bersusah payah memperbaikinya.

Arahkan perhatian Anda pada perjanjian dengan pemilik rumah. Pastikan kontrakan yang Anda tinggali tidak berdiri di lahan sengketa.

4. Lingkungan yang bersih

Meskipun sifatnya kontrakan sementara, tidak ada salahnya jika Anda menanami beberapa tanaman hias agar udaranya menjadi sejuk. Ventilasi yang bisa dibuka setiap waktu juga menjadikan sirkulasi yang mengalir ke rumah Anda dapat terkontrol. Yang terpenting, lingkungan rumah yang disewa berjauhan dengan tempat pembuangan sampah, dan selokan tempat dibuangnya limbah pabrik.

Efek dari lingkungan yang bersih akan berdampak pada kesehatan Anda dan keluarga. Sehingga, selektiflah dalam menentukan rumah kontrakan.

5. Sarana dan prasarana pelengkap

Masjid, bank, bioskop, atau tempat hiburan yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga juga bisa Anda masukkan ke dalam syarat. Anda tentu akan merasa senang bukan ketika dekat dengan hal-hal yang anda sukai?. Kenyamanan menjadi bahan taruhannya.

Anda tak perlu mengerahkan waktu dan tenaga berlebih demi bisa menjumpai fasilitas yang disediakan untuk umum tersebut jika Anda menetapkan kontrakan yang lokasinya berada di pusat keramaian atau kota.

Rumah kontrakan Surabaya sejatinya tidak menunjukkan perbedaan yang mencolok dengan huniaan yang disewakan di tempat lain. Tips di atas bisa Anda praktekkan untuk menemukan rumah impian dalam jangka waktu yang pendek.

Manfaatkan internet untuk menggali lebih dalam lagi rumah sewaan yang akan Anda huni. Jangan sampai Anda salah dan tertipu oleh oknum nakal.
Semoga menginspirasi.