Panduan Jual kontrakan Surabaya

By | August 9, 2017

Tempat tinggal tidak bisa dipungkiri menduduki posisi yang signifikan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Kebutuhan papan yang tergolong dalam kelas primer ini pun semakin menunjukkan eksistensinya hingga kini.

Terlebih setelah memasuki jaman millenium dimana segala hal yang berkaitan dengan aktivitas manusia tidak luput dari peran teknologi di dalamnya.

Panduan Jual kontrakan Surabaya

Bicara tentang hunian, rumah yang nyaman dan aman sudah pasti menjadi dambaan setiap orang. Sebab tak hanya difungsikan sebagai lokasi untuk berlindung saja, rumah juga menjadi pengobat rindu Anda dengan keluarga, penghapus rasa penat setelah bekerja seharian penuh, dan semacamnya.

Desain yang diterapkan untuk hunian ini juga beraneka macam. Agen jual kontrakan Surabaya misalnya, yang bersedia menyuguhkan tempat tinggal yang sebanding ketebalan kantong Anda.

Artinya Anda bisa menjumpai beragam model rumah dengan gaya dan kelengkapan yang disediakan untuk kelas menengah hingga atas. Namun satu hal yang perlu Anda ingat adalah keamanan serta faktor nyaman yang diberikan.

Ada baiknya sebelum Anda menyepakati tarif jual kontrakan Surabaya, Anda memahami betul peraturan yang dibuat oleh pemilik. Tanyakan saja pada mereka mengenai hal apa yang belum Anda ketahui, gali informasi sedetail mungkin.

Anda tentu tidak ingin bukan merasa rugi setelah melunasi jangka waktu yang ditetapkan?. Wawancara dengan tetangga sekitar atau mendatangi lokasi pun tidak ada salahnya untuk Anda coba.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk mengontrak hunian di Surabaya, berikut beberapa panduan yang mesti Anda kenali dengan baik.

1. Jarak dengan tempat Anda bekerja

Tak hanya mendapat predikat sebagai istana kecil dimana kehangatan Anda dan keluarga menjadi bumbu yang paling utama di dalamnya, rumah yang ideal juga harusnya mempunyai waktu tempuh yang tidak banyak dengan kantor Anda.

Hal ini sangat disarankan karena dengan begitu Anda tidak perlu menguras kocek untuk biaya transportasi. Belum lagi jika Anda tidak punya kendaraan pribadi, harus menunggu angkutan umum yang jadwal keberangkatannya tidak menentu.

Jadi sebelum Anda mantap dengan patokan jual kontrakan Surabaya, pikirkan dulu kriteria ini.

2. Status kepemilikan

Berita seputar lahan sengketa akhir-akhir ini memang terbilang miris. Pertambahan jumlah penduduk yang terus merangkak naik dari waktu ke waktu seolah menimbulkan permasalahan baru, yakni kurangnya lahan pemukiman.

Efeknya, tidak sedikit dari mereka yang mempergunakan lahan milik pemerintah untuk mendirikan bangunan, pertokoan, dan sebagainya.

Agar Anda tidak direpotkan dengan problem layaknya hal di atas, periksa dengan benar sertifikat yang ditunjukkan pemilik. Baca dan pastikan tidak ada sesuatu yang mengganjal.

Cocokkan dengan luas serta perkiraan lain yang setidaknya bisa membuat Anda yakin bahwa rumah yang akan Anda tempati benar-benar berada di bawah kuasa dari orang yang sah.

3. Fasilitas

Lain halnya dengan kos-kosan yang hanya berupa petak dengan sarana seadanya, jual kontrakan Surabaya yang direkomendasikan seyogyanya sudah dilengkapi dengan kamar mandi, saluran pembuangan yang lancar, listrik, hingga perabotan lain yang sifatnya umum.

Jika Anda mengunjungi TKP dan menjumpai ada barang-barang yang sangat mutlak untuk keseharian belum tersedia, maka Anda boleh berpikir ulang untuk tinggal di situ atau tidak.

4. Security

Petugas penjaga seperti hansip, satpam, atau ronda yang digilir merupakan pembuktian bahwa rumah yang akan Anda tempati ada di lingkungan yang aman. Walaupun kontrakan ini bersifat sementara, paling tidak Anda bisa bernafas lega begitu mendengar ada patroli yang dilakukan secara rutin.

Apa lagi untuk Anda yang tiap tahun melaksanakan mudik untuk berkumpul dengan keluarga tercinta, barang yang ada acapkali menjadi umpan paling menggiurkan bagi tangan-tangan jahil di luar sana.

5. Harga

Sudahkah Anda mengecek anggaran? Sebetulnya tidak perlu muluk-muluk harus memperoleh rumah yang mewah. Sebab ketika Anda sudah merasa nyaman, itulah yang paling Anda butuhkan. Di sisi lain, Anda pun harus berusaha menabung agar bisa membuat hunian yang pas dengan keinginan.

Dana yang selebihnya juga akan Anda alokasikan untuk pemenuhan keperluan seperti pangan dan sandang, sehingga selektif dan telitilah dalam memutuskan harga jual kontrakan Surabaya yang Anda incar.

6. Sarana dan prasarana umum

Bank, kantor capil, serta rumah sakit merupakan contoh tempat-tempat yang hampir tak pernah terlupakan dari manusia dan rutinitasnya. Ketimbang Anda mengeruk biaya yang mahal, ada baiknya jika Anda bersama keluarga mendiskusikan untuk pindah ke kontrakan yang dekat dengan pusat kegiatan atau center.

Cara ini efektif karena Anda tak perlu mengerahkan tenaga dua kali lipatnya.

7. Struktur tanah

Jangan sekalipun tertarik mengontrak di kawasan yang rawan banjir atau longsor, selain potensi hilangnya benda-benda yang menjadi aset berharga, Anda pun akan terancam keselamatannya.

Tanah yang labil sewaktu-waktu bisa menelan korban jiwa, pun harta benda yang selama ini dengan susah payah Anda upayakan.

Demikian sekilas info berkaitan dengan jual kontrakan Surabaya. Semoga bermanfaat.