Jangan Harap Mendapat Kontrakan Nyaman Sebelum Memperhatikan Tips Mencari Kontrakan Berikut Ini

By | August 22, 2017

Bagi Anda yang berada di perantauan dan belum memiliki rumah sedniri, solusi yang paling tepat biasanya adalah memilih tinggal di rumah kontrakan. Walaupun rumah kontrakan hanya bersifat untuk sementara, Anda tetap harus memperhatikan banyak hal dalam mencari kontrakan.

Tips  Mencari Kontrakan Berikut Ini

Bagi Anda yang belum memiliki rumah sendiri, atau Anda sedang dalam perantauan, maka berhati-hatilah dalam memilih rumah kontrakan. Sebab, salah memilih rumah kontrakan bisa membuat Anda menyesal selama tinggal di kontrakan itu. Nah, bagaimana cara memilih dan mencari kontrakan agar Anda tidak menyesal di kemudian hari? Ini dia tipsnya :

1. Harga sewa kontrakan yang terjangkau

Hal yang paling utaman adalah mencari rumah kontrakan yang harganya terjangkau menurut kemampuan Anda. Perhatikan pula fasilitas yang Anda dapat dari harga terjangkau itu, karena biasanya kontrakan yang murah fasilitasnya tidak selengkap kontrakan mahal.

Bandingkan dahulu dengan kotrakan di tempat lainnya, apabila memiliki harga sama namun fasilitasnya berbeda, maka pilihlah kontrakan yang fasilitasnya lengkap. Bandingkan bagus tidaknya rumah, kebersihan WC, kenyamanan tempat tidur, luas tidaknya ruangan, dan lain sebagainya. carilah yang harganya miring dengan fasilitas lengkap.

2. Dekat dengan aktifitas rutin Anda

Pilihlah rumah kontrakan yang dekat dengan aktivitassehari-hari Anda, missal jika Anda bekerja maka carilah kontrakan yang dekat dengan tempat kerja Anda. Jika status Anda masih mahasiswa, tentunya Anda harus mencari kontrakan yang dekat dengan universitas Anda.

Jika rumah kontrakan Anda dekat dengan tempat aktivitas sehari-hari Anda, maka Anda bisa menjangkau tempat tersebut dalam sekejap, bahkan bisa dengan jalan kaki. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk bisa lebih berhemat.

3. Dekat dengan tempat ibadah

Prioritaskan rumah yang dekat dengan tempat ibadah, apalagi sebagai seorang muslim. Ibadah adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua orang, maka jika rumah Anda dekat dengan tempat ibadah akan membuat Anda selalu ingat waktu ibadah. Baik Anda bekerja ataupun kuliah, ingat kepada Tuhan adalah hal yang wajib bukan?

4. Tempat dan lingkungan yang bersih

Tips selanjutnya adalah memilih rumah kontrakan yang berada di tempat serta lingkungan bersih. Dengan lingkungan yang bersih, maka Anda serta keluarga dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti demam berdarah, sakit perut, dan sebagainya.

Apabila rumah Anda jauh dari selokan yang berbau, jauh dari tempat pembuangan sampah umu, serta jauh dari polusi kendaraan dan pabrik, maka Anda akan merasa nyaman tenang dan damai berada di rumah kontrakan.

5. Pilih daerah yang aman

Tempat yang aman menjadi pertimbangan utama dalam memilih hunian. Percuma saja bila rumah Anda bagus, mewah, luas, namun daerah sekitarnya tidak aman. Aman bisa berarti aman dari tindakan kriminalitas, pencurian, maupun bencana alam. Jika daerahnya tidak aman maka Anda sebagai penyewa kontrakan juga merasa rugi.

Terutama untuk Anda yang ingin membuka usaha di rumah kontrakan Anda, atau sekitarnya, keamanan lingkungan harus lebih diperhatikan. Pilih letak yang aman, yaitu letak rumah yang tidak di tepi tebing, atau bawah tebing, bencana tanah longsor bisa datang tiba-tiba. Maka demi keselamatan Anda serta keluarga, mencari kontrakan yang aman harus diutamakan.

6. Bagi Anda yang ingin membuka usaha pilihlah rumah kontrakan di tempat ramai atau jalan besar

Apabila Anda mencari kontrakan untuk sebuah usaha, utamakanlah lokasi yang strategis, yaitu pinggir jalan raya dan tempat yang ramai. Dengan begitu usaha yang Anda jalankan akan lebih mudah ditemukan banyak orang serta ramai pengunjung.

Keuntungan yang di dapat juga semakin tinggi. Maka untuk Anda yang ingin membuka usaha seperti rumah makan, jasa laundry, toko sembako dan sebagainya, carilah rumah kontrakan yang lokasinya strategis.

Kemajuan suatu usaha dipengaruhi oleh letaknya yang ideal serta strategis. Percuma saja jika Anda membuka usaha yang besar namun berada di tempat yang sepi dan tidak banyak yang mengetahui letak tersebut.

7. Fasilitas yang memadai

Tips mencari rumah kontrakan yang terakhir adalah dengan memilih fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut tidak hanya fasiitas internal rumah seperti kamar, kamar mandi, ruang tamu, listrik air, dan sebagainya, namun juga fasilitas eksternal seperti tempat ibadah yang dekat, WC umum, dan taman sekitar rumah.

Banyak loh rumah kontrakan yang murah dan bagus, namun sulit mendapat air bersih. Memang semua hal itu pasti ada kekurangan dan kelebihannya, maka pertimbangkan dengan baik hal tersebut.

Pilihlah rumah kontrakan yang sesuai dengan keinginan Anda, jangan hanya berpikir mengenai harga yang murah, namun pikirkan juga kemungkinan yang akan terjadi setelah Anda memutuskan untuk tinggal di kontrakan tersebut. tentu taka da rumah kontrakan yang sesempurna poin-poin di atas, namun setidaknya Anda mencari kontrakan mana yang memenuhi kriteria kontrakan ideal.